POHON ILMU - Media Informasi SMP Negeri 8 Cibitung

Breaking

Banner

Jumat, 18 Oktober 2019

POHON ILMU





Pohon ilmu adalah keterampilan tangan yang didalamnya terdapat ilmu dan pengetahuan. Satu pohon ilmu biasanya berisi satu disiplin ilmu. Misalnya pohon ilmu sains, sejarah, Bahasa Inggris, Matematika dan lain lain.

Bahan-bahan yang kita perlukan adalah sebagai berikut:
  1. Ranting Pohon
  2. Pot Tanaman
  3. Amplas 
  4. Pisau
  5. Semen
  6. Cat untuk kayu (warnanya bebas, sesuai warna favoritmu)
  7. Kertas Asturo aneka warna
  8. Gunting, lem dan spidol
   


Langkah-langkah pembuatan Pohon Ilmu :
  1. Pertama pilihlah ranting yang bercabang cukup banyak . Lalu buanglah daun-daunnya, dan bersihkan  kulit batang pohon tersebut menggunakan pisau dan haluskan dengan amplas, Setelah itu siapkan semen secukupnya beri air, aduk dan tuang ke dalam pot. Kemudian tancapkan batang pohon, dan biarkan mengering.
  2. Setelah semennya kering, kemudian batang pohon kita cat seperti biasa menggunakan kuas. pastikan seluruh permukaan telah dicat semua, lalu jemur. agar cat kering.
  3. Setelah Cat kering, Buatlah daun ilmu secara berkelompok : ada yang membuat pola, ada yang menggunting, ada yang mengelem,ada yang menulis ilmu ( point penting dari satu mapel) dan ada yang memasangkannya ke ranting-ranting pohon ilmunya.
  4. Mudah bukan? dengan membaca pohon ilmu, secara tidak langsung kita akan belajar dan akan terkesan dalam daya ingat Kita.

Semoga bermanfaat