Upacara Peringatan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 8 Cibitung - Media Informasi SMP Negeri 8 Cibitung

Breaking

Banner

Senin, 25 November 2019

Upacara Peringatan Hari Guru Nasional di SMP Negeri 8 Cibitung



SMPN 8 Cibitung - Hari Guru Nasional diperingati hari ini, Senin 25 November 2019 dalam rangka memberi penghargaan kepada guru-guru di Indonesia. Dibeberapa negara pun juga sangat menghargai dan memberi penghormatan kepada para guru dengan memperingati pada tanggal yang berbeda-beda bergantung pada negaranya. Bahkan dunia juga memperingati hari guru setiap tanggal 5 bulan Oktober dirayakan sebagai Hari Guru Sedunia. 

Hari Guru Nasional diperingati bersama hari ulang tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI). Hari Guru Nasional bukan hari libur resmi, dan dirayakan dalam bentuk upacara peringatan di sekolah-sekolah dan pemberian tanda jasa bagi guru, kepala sekolah, dan pengawas sekolah. Guru di Indonesia dianggap sebagai pahlawan tanpa tanda jasa.

Demikian di SMP Negeri 8 Cibitung hari guru diperingati dengan upacara bendera. Dalam amanatnya kepala sekolah SMP Negeri 8 Cibitung HJ. Siti Rokiah,S.Pd.,MM menyampaikan Pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bapak Nadiem Anwar makarim yang isinya menyampaikan rasa hormat beliau kepada para Guru khususnya para guru Indonesia.

"Perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Satu hal yang pasti, saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia. Namun, perubahan tidak dapat dimulai dari atas. semuanya berawal dan berakhir  dari guru. jangan menunggu aba-aba, jangan menunggu perintah. Ambil langkah pertama. Besok, dimanapun anda berada, lakukan perubahan kecil di kelas anda.
  • Ajaklah kelas berdiskusi, bukan hanya mendengar.
  • Berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas.
  • Cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas.
  • Temukan suatu bakat dalam diri murid yang kurang percaya diri
  • Tawarkan bantuan kepada guru yang sedang mengalami kesulitan.
Apapun perubahan kecil itu, jika setiap guru melakukannya secara serentak, kapal besar bernama Indonesia ini pasti akan bergerak." Demikian kutipan Pidato dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (MI8).

Dalam memeriahkan hari guru. SMP Negeri 8 Cibitung  menggelar  lomba Puisi dengan Tema  Guruku.